Rabu, 07 Juni 2017

BAB 15 - TES DAN EVALUASI



Tes dan Evaluasi
Kriteria untuk mengevaluasi Tes-standar
-          Norma
-          Validitas
o   Validitas isi
o   Validitas kriteria
o   Concurrent validity
-          Predictive validity
-          Reliabilitas
-          Test-retest reliability
-          Alternate-forms reliability
-          Split-half reliability
-          Keadilan
Tes kecakapan dan prestasi
Membandingkan tes kecakapan dan prestasi
-          Tes kecakapan didesain guna memprediksi kemampuan murid untuk mempelajari suatu kehilangan atau menguasai sesuatu dengan pendidikan dan training tingkat lanjut.
-          Tes prestasi dimaksudkan untuk mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dikuasai murid
Jenis-jenis Tes prestasi Standar
-Survey Batteries
-Tes untuk subjek spesifik
-Tes diagnostik
Ujian Negara Berisiko Tinggi
-          Format Ujian Negara
-          Keuntungan dan penggunaan tes berisiko tinggi
o   Meningkatkan kinerja murid
o   Lebih banyak waktu untuk mengajarkan pembelajaran yang diujikan
o   Ekspektasi tinggi untuk semua murid
o   Identifikasi sekolah, guru, administrator yang berkinerja payah
o   Meningkatkan rasa percaya diri disekolah setelah ujian naik
-          Kritik terhadap ujian negara
o   Menumpulkan kurikulum dengan penekanan lebih besar pada hafalan ketimbang pada keahlian berpikir dan memecahkan masalah
o   Mengajar demi ujian.
o   Diskriminasi terhadap murid dari status sosioekonomi rendah dan minorita
Tes Distrik dan Nasional
-          Ujian Distrik (lokal)
-          Penilaian nasional dan standar kelas dunia
o   Membaca
o   Matematika
o   Sains
Sebuah analisis terhadap ujian standar nasional menemukan bahwa, dibandingkan dengan ujian standar Amerika, ujian standar di negara lain:
1.      Memasukkan lebih banyak soal dengan jawaban pendek, pertanyaan esai dan terbuka; dan
2.      Lebih berhubungan dengan kurikulum dan buku pegangan sehingga murid di negara itu tahu apa yang perlu untuk mereka pelajari.
Peran Guru
1.      Mempersiapkan murid untuk mengikuti tes standar
2.      Menjalankan tes standar
3.      Memahami dan menginterprestasikan hasil tes
o   Memahami statistik deskriptif. Yang merupakan prosedur matematika yang dipakai untuk mendeskripsikan dan meringkas data dengan cara yang bermakna.
o   Distribusi Frekuensi. Langkah pertama membuatnya adalah sebuah daftar nilai, biasanya dari yang tertinggi ke yang terendah, bersama dengan berapa kali nilai itu muncul. Hitogram adalah distribusi rekuensi dalam bentuk grafik.
o   Pengukuran tendensi sentral. Angka yang memberikan informasi tentang rata-rata atau nilai tipikal pada seperangkat data. Ada tiga pengkuran tendensi sentral:
1.      Mean adalah rata-rata numerik dari sekelompok nilai.
2.      Median adalah nilai yang berada tepat ditengah-tengah distribusi nilai setelah nila-nilai itu disusundari nilai tertinggi ke terendah.
3.      Mode adalah nilai yang paling sering muncul.
o   Pengkuruan variabilitas
-          Ukuran variabilitas memberitahu kita tentang seberapa besar nilai bervariasi dari satu nilai ke nilai lainnya.
-          Range adalah selisih antara nilai tertinggi dan terendah
-          Deviasi standar ukuran seberapa banyak satu set nilai bervariasi pada rata-rata di seputar mean nilai
-    Distribusi normal, sebagian besar nilai mengelompok disekitar mean. Distribusi normal juga dinamakan kurva normal, kurva bentuk lonceng, atau kurva bel.
-          Menginterprestasikan hasil tes
o   Nilai mentah (raw score) adalah jumlah soal ujian yang dijawab murid dengan benar.
o   Nilai percentile-rank menunjukkan presentasi yang berada pada atau dibawah nilai.
o   Nilai stanine mendeskripsikan kinerja tes murid pada skala 9 poin mulai dari 1 sampai 9. Sebuah stanine mengacu pada presentase spesifik dari area kurva normal.
o   Nilai grade-equivalent mengindikasikan kinerja murid dalam hubungannya dengan level grade dan bulan-bulan satu tahun ajaran, dengan asumsi 10 bulan setiap tahun ajaran.
Isu-Isu Dalam Tes Standar
1.      Tes standar, penilaian alternatif, dan tes berisiko tinggi
2.      Diversitas dan tes standar



1 komentar:

  1. Always look forward for such nice post & finally I got you. Really very impressive post & glad to read this.
    Best Architects in Indore
    Best Interior designers in indore

    i heard about this blog & get actually whateveri was finding. Nice post love to read this blog
    Approved Auditor in DAFZA
    Approved Auditor in RAKEZ
    flaxseed oil
    Approved Auditor in JAFZA
    Approved Auditor in DMCC

    Good luck & keep writing such awesome content.

    Virgin Linseed Oil BP
    cms ed
    cms ed cources

    I always search such wonderful blog and after so many efforts finally I got you. Keep writing the same
    Pharmacy home delivery in UAE
    Pharmacy near Business Bay

    BalasHapus

 

Nikita's Stories Template by Ipietoon Cute Blog Design