Apa itu pembelajaran? Pembelajaran (learning) dapat
didefenisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan
keterampilan berpikir, yang diperoleh melalui pengalaman. Tetapi tidak semua
yang kita tahu itu diperoleh melalui belajar. Pembelajaran mengakibatkan
perilaku akadmeik dan non-akademik.
Pendekatan Untuk Pembelajaran
Behavioral.
Behaviorisme adalah pandagan yang menyatakn bahwa perilaku
harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses
mental. Proses mental didefenisikan oleh psikolog sebagai pikiran, perasaan,
dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain.
Pengondisian klasik dan operan, yang merupaan dua pandangan
behavioral yang akan kita diskusikan bersama. Kedua pandangan tersebut yakni
menekankan:
1. Pembelajaran asosiatif, yang terdiri dari
pembelajaran bahwa dua kejadian saling terkait. Diskusi analisis perilaku
terapan juga mencerminkan pandangan behavioral yang fokus pada perilaku yang
dapat diamati dan pembelajaran asosiatif
2.
Kognitif, 4 pendekatan kognitif utama dalam
pembelajaran:
1.
Kognitif Sosial
2.
Pemrosesan informasi
3.
Konstruktivis kognitif
4.
Konstruktivis sosial
Pendekatan Behavioral Untuk pembelajaran
Pengondisian klasik adalah tipe pembelajaran di mana suatu
organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasi stimuli. Kita harus
memahami 2 tipe stimuli dan 2 tipe respons:
1.
Unconditioned Stimulus (US)
2.
Unconditioned Response (UR)
3.
Conditioned Stimulis (CS)
4.
Conditioned Response (CR)
Generalisasi, Diskriminasi dan Pelenyapan
Pelenyapan (extinction) dalam pengondisian klasik adalah
pelemahan conditioned response (CR) karena tidak adanya unconditioned stimulus
(US)
Desensitisasi Sistematis adalah Metode yang didasarkan pada
pengondisian klasik yang dimaksudkan untuk mengurangi kecemasan dengan cara
dengan cara membuat individu megasosasikan relaksasi dengan visualisasi situasi
yang menimbulkan kecemasan.
Pengkondisian Operan
Sebuah bentuk pembeajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari
perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi.
Hukum Efek Thorndike
Prinsip bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif
akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negatif akan diperlemah
Pengondisian Operan Skinner
-Penguatan dan hukuman
-Penguatan
Positif bersadarkan prinsip bahwa frekuensi response meningkat karena diikuti
dengan stimulusyang mendukung (rewarding)
-Penguatan
Negatif Penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respons meningkat karena
diikuti dengan penghilangan stimulus merugikan (tidak menyenagkan)
-Hukuman,
konsekuensi yang menurukan probabilitas terjadinya suatu perilaku
Generalisasi, diskriminasi, dan pelenyapan
Analisis perilaku terapan dalam pendidikan
Analisis perilaku terapan adalah penerapan prinsip
pengkondisian operan untuk mengubah perilaku manusia.
Ada tiga penggunaan analisis perilaku yang penting dalam
bidang pendidikan:
1.
Meningkatkan perilaku yang diinginkan
-Memilih Penguatan yang efektif
Prinsip Premack adalah Prinsip yang
menyatakan bahwa aktivitas berprobabilitas tinggi bisa berfungsi sebagai
penguat aktivitas berprobabilitas rendah.
-Menjadikan Penguat Kontigen dan Tepat Waktu
-Memilih Jadwal Penguatan Terbaik
-Menggunakan Perjanjian
-Menggunakan Penguatan Negatif secara
Efektif
2.
Menggunakan dorongan dan pembentukan
-Prompt(dorongan) adalah stimulus tambahan
atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum respons dan meningkatnya
kemungkinan respons itu akan terjadi.
-Shaping(pembentukan) adalah mengajari
perilaku baru dengan memperkuat perilaku yang mirip dengan perilaku sasaran.
3.
Mengurangi perilaku yang tidak diharapkan
-Menggunakan Penguatan Diferensial
-Menghentikan Penguatan
-Menghilangkan Stimuli yang diinginkan
-Menyajikan Stimuli yang tidak disukai
Pendekatan Kognitif Sosial Untuk Pembelajaran
Teori
Kognitif Sosial Bandura
Dalam model
Bandura, faktor Kognitif/person, faktor lingkungan, dan faktor perilaku saling
memengaruhi satu sama lain.
Pembelajaran Observasional
Pembelajaran Observasional, juga dinamakan imitasi atau
modelling, adalah pembelajaran yang dilakukan ketika seseorang mengamati dan
meniru peilaku orang lain.
Metode
Pembelajaran Observasional Kontemporer Bandura
-Atensi
-
Retensi
-Produksi
-Motivasi
0 komentar:
Posting Komentar